twitter


Cara Menghemat Kabel (LAN)

Zaman sekarang semuanya serba mahal. Harga-harga kalau sudah naik, susah sekali turunnya malah bahkan gak mungkin turun lagi (kayak harga bensin :) ). Dalam dunia komputer, walaupun harga spare-part selalu turun, itu bukan karena harga bahannya yang turun, melainkan karena sudah muncul model terbaru dengan teknologi yang baru pula. Dengan demikian, model yang lama pasti akan anjlok harganya (daripada gak laku, mending jual murah). kalau model yang baru tidak muncul, maka harga bisa bertahan atau bahkan naik karena stok yang semakin terbatas.

Tapi lain halnya dengan kabel LAN (UTP). Kayaknya harga kabel gak bakalan turun dan akan selalu mengalami kenaikan karena harga bahan baku (tembaga) memang naik.
Dalam hal ini kita dituntut untuk melakukan pengiritan lebih smart dalam menggunakan kabel.
Kabel LAN, UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah kabel untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dalam sebuah jaringan lokal (LAN). Kabel ini berisi 4 pasang kabel yang setiap pasangnya dipilin (twist), sehingga total kabel yang ada didalamnya adalah 8 buah. Keempat pasangan kabel tersebut adalah:
Pair#1 : White-Blue & Blue
Pair#2 : White-Orange & Orange
Pair#3 : White-Green & Green
Pair#4 : White-Brown & Brown
Kabel UTP

Dari 8 buah kabel ini, sebenarnya yang digunakan untuk penghubung antar komputer adalah 4 kabel saja (2 pasang) yaitu Pair#2 dan Pair#3.
Pair#2 dihubungkan dengan pin 1 & 2, sedangkan Pair#3 dihubungkan dengan pin 3 & 6.
Sisanya yang 2 pasang lagi (Pair#1 dan Pair#4) tidak dipakai alias nganggur dan biasanya dihubungkan dengan pin 4,5,7 & 8 walaupun tidak digunakan.
RJ45-Male

Yang harus kita lakukan adalah memanfaatkan/menggunakan kabel yang tidak terpakai (Pair#1 & 4) untuk menghubungkan komputer yang lainnya. Sehingga 1 kabel UTP yang biasanya digunakan untuk 1 komputer, bisa kita pakai untuk menghubungkan 2 komputer ke Hub.
Caranya:
Hubungkan Pair#2 dan #3 dengan jack RJ-45 yang pertama. Warna white-orange ke pin 1, orange ke pin 2, white-green ke pin 3 dan green ke pin 6.
Biarkan pin yang lain (4,5,7,8) kosong. Jack RJ-45 siap untuk di crimp.
Sisa kabelnya (pair#1 dan 4) dihubungkan dengan jack RJ-45 yang kedua. Warna white-blue ke pin 1, blue ke pin 2, white-brown ke pin 3 dan brown ke pin 6. Pin yang lain biarkan kosong.

Dengan begitu, kita sudah bisa mencolokkan jack RJ-45 yang pertama dari hub ke komputer 1 dan jack RJ-45 yang kedua dari hub ke komputer 2.
Kalau jumlah komputer yang akan dihubungkan sedikit, mungkin penghematannya belum “terasa”, tapi kalau komputer yang akan dihubungkan mencapai puluhan atau ratusan…? Kabar baiknya lagi, kecepatan yang dihasilkan dari koneksi ini juga bisa mencapai 100MBPS lho…

0 komentar:

Posting Komentar