TROUBLESHOOTING GANGGUAN AKSES SPEEDY
Buat yang berlangganan Speedy, Nih Aku kasih tips utk menghandle sendiri gangguan-gangguan yang sering terjadi pada koneksi internet Speedy. Kebanyakan gangguan akses Speedy itu berasal dari sisi CPE (Costumer Premises Equiptment) atau disebut juga kelengkapan-kelengkapan di sisi user seperti modem dan splitter hingga kesalahan sepele seperti salah username dan password.
Lihat IP modem: Klik Start – Run – ketik cmd (pada Windows XP/Vista), command (pada Windows 98/2000) lalu muncul halaman command dan ketik ipconfig/all dan enter. Lihat IP Gateway (modem). Misal IP Gateway adalah 192.168.1.1. Gambar beikut menunjukkan displayipconfig/all.
Gambar Tampilan perintah ipconfig/all
Cek koneksi PC ke modem ADSL: Klik Start – Run, ketik ping 192.168.1.1 -t, sehingga muncul tampilan seperti gambar berikut.
Gambar koneksi PC-modem bagus
Kemudian Cek koneksi PC ke DNS Telkom: Klik Start – Run, ketik ping 202.134.0.155 -t, sehingga muncul tampilan berikut,
Gambar Koneksi modem – DNS bagus
Jika Koneksi gagal setelah login speedy dan pesan command tidak sama dengan di atas misal “request time out” atau “destination host unreachable” seperti yang ditunjukkan pada gambar.
Gambar Koneksi modem – DNS gagal
Maka lakukan troubleshooting sebagai berikut:
1. Pastikan saluran telepon baik dengan mengangkat pesawat telpon dan mendapat nada dial.
2. Pastikan kabel Ethernet Modem – PC dan kabel modem – telepon terhubung dengan baik. Tidak ada PABX, paralel telepon atau peralatan lain yang terhubung sebelum splitter.
3. Matikan modem dan tunggu sekitar 1 menit, nyalakan kembali dan pastikan lampu ADSL menyala tanpa blinking.
4. Pastikan username dan password sudah benar
Username : No.speedy@telkom.net
Password : xxxxx
5. Jika LAN disable. Klik Start – Settings – Control Panel – Network connection – Local Area Connection, Double klik Local Area Connection untuk men-enablekan LAN.
6. ADSL tidak blinking tetapi koneksi PC ke DNS “request time out”. Matikan fitur firewall (lihat user manual modem) di sisi modem, lakukan restart modem ADSL.
7. Pesan DNS masih “request time out” atau tidak mendapat IP. Lakukan setting IP:
a.Pada windows XP
Klik Start – Settings – Control Panel – Network connection – Local Area Connection – TCP/IP. Isi kolom TCP/IP berikut:
IP address : 192.168.1.x (x dapat diisi angka 2 sampai 253)
Subnet mask : 255.255.255.0
Gateway : 192.168.1.1 (Harus sama dengan IP address modem)
Preferred DNS : 192.168.1.1 dan Alternate DNS : 202.134.0.155
b.Pada Windows 98/ME/2000
Klik Start – Settings – Control Panel – Network – Configuration tab – TCP/IP Properties. Isi kolom TCP/IP sebagai berikut:
IP address : 192.168.1.x (x dapat diisi angka 2 sampai 253)
Subnet mask : 255.255.255.0
Preferred DNS : 192.168.1.1dan Alternate DNS : 202.134.0.155
8. Jika modem hang. Refresh dan Setting ulang modem via menu modem (lihat user manual modem, Note: VPI=8, VCI=81 untuk kota Padang)
9. Hubungi 147 untuk informasi lebih lanjut.
Nah untuk anda yang berlangganan Speedy berbasis ADSL ini, kalo ada gangguan coba deh ikutin cara-cara ini dan jangan cepat2 utk nelpon ke 147. Oke
Berikut isi lembaran petunjuk troubleshooting dalam Bahasa Inggris.
TROUBLESHOOTING SPEEDY
Check IP Router: Select Start – Run – type cmd (for Windows xp/Vista), command (for Windows 98/2000) so display command tab, type ipconfig/all and select enter. Check IP Gateway (router), for instance IP Gateway is 192.168.1.1 (lihat pada Gambar ).
Check connection, PC to ADSL Router: Select Start – Run, Type ping 192.168.1.1 –t (lihat Gambar )
Check connection, PC to DNS: Select Start – Run, Type ping 202.134.0.155 –t (lihat Gambar )
If connection is failure after Login and command displays not same as above like “request time out” or “destination host unreachable” (lihat gambar ). Do Troubleshooting:
1. Ensure that line is good by checking phone. Phone has a dial tone.
2. Ensure that Ethernet cable, ADSL Router – PC and Router-line connecting well. No PABX, no parallel phone or other devices connecting to line before splitter connected at first.
3. Unplug ADSL router and wait for 1 minute, then plug again and ensure that router is turned on the DSL solid.
4. Ensure that username and password are true
Username : No.speedy@telkom.net
Password : xxxxx
5. LAN is disable. Select Start – Settings – Control Panel – Network connection – Local Area Connection, for enabling LAN.
6. ADSL is not flash but connection PC to DNS “request time out”. disabling any firewall router (look at user manual for router), then restart ADSL router.
7. Command displays “request time out” or has no IP. Set IP:
a.Windows XP
Select Start – Settings – Control Panel – Network connection – Local Area Connection – TCP/IP. Type as follow:
IP address : 192.168.1.x (x typed by 2 to 253)
Subnet mask : 255.255.255.0
Gateway : 192.168.1.1 (This must be your Router’s IP address)
Preferred DNS : 192.168.1.1 and Alternate DNS : 202.134.0.155
b.Windows 98/ME/2000
Select Start – Settings – Control Panel – Network – Configuration tab – TCP/IP Properties. Type as follow:
IP address : 192.168.1.x (x typed by 2 to 253)
Subnet mask : 255.255.255.0
Preferred DNS : 192.168.1.1 and Alternate DNS : 202.134.0.155
8. Set and Refresh ADSL router (look at user manual for router, Note: VPI=8, VCI=81 in Padang)
9. Call 147 for more information.